Profil Desa


A. Latar Belakang

Penduduk Desa Nibung ( Dahulunya dengan sebutan tiuh nibung). Pada mulanya penduduknya merupakan sekelompok orang-orang yang kehidupannya berpindah-pindah tempat yang berasal dari perbatasan anatara tiiyuh ngeragung dengan tiuh asahan tepat nya dari "Serkulow" ( Zaman Belanda).

Kemudian orang-orang tersebut, tinggal di daerah Bandar Wei kemudian menetap di Nibung ( tiyuh nibung), yang menurut sejarah daerah ini banyak sekali rumpun tanaman hutan rotan dan kayu Nibung.

Adapun luas wilayah pada saat itu hingga pantai pesisir timur yang hingga kini masih terdengan adanya muara kuala yang disebut sebagai "kuala nibung".

Dengan Perkembangan dan pertambahan penduduk baik penduduk yang lama dan penduduk yang baru, maka wilayah dipesisir lintas timur dimekarkan menjadi satu wilayah yang disebut dengan desa Karya Makmur dan desa Bandar Negeri. yang sekarang menjadi batas desa nibung dibelahan timur. sebagai bukti kenyataan sejarah ini ditimur ada sebuah kuala yang hingga saat ini walaupun telah berubah sebutan pantai baru, namun nama aslinya masih terasa adanya yaitu "kuala Nibung"

B. Proses Perkembangan Desa

Desa Nibung telah ada semenjak abad ke-7 seusia dengan keratuan melinting, bahkan desa nibung dahulu adalah tempat bersinggah atau berlabuh kapal perahu bagi pendatang dari daerah lain termasuk kerajaan Sriwijaya, sebab sungai bandar (kala itu) itu sangat besar dan lebar. tiuh bandar Wei adalah sebutan bagi tiuh (desa) Nibung saat itu. Sebab posisi tempatnya berada didaerah timur. Strategis sebagai tempat berlabuhnya kapal kapal dagang masa itu.

Setelah adanya kepastian menetap dan mengembangkan usaha pertanian ( tidak lagi berpindah-pindah) maka masyarakat membentuk peraturan adat untuk mengatur kehidupan 


NIBUNG